Senin, 18 Juni 2012

Lagi (anti) GALAU

Halo Dear,

Apa kabarnya di pertengahan bulan Juni ini? Nggak bosen deh aku mengingatkan supaya kita semua tetap optimis dan semangat dalam menjalani kehidupan. 2012 udah berjalan separuh waktu, sepanjang enam bulan pertama ini apa yang udah kalian dapatkan? Pengalaman-pengalaman baru dalam hidup yang bisa dijadikan pelajaran. Aku mulai mengingat-ingat dari awal tahun ini sampai pada hari ini apa aja kejadian yang terekam memoriku dan bisa dijadikan pelajaran. Dan semakin ku ingat-ingat ternyata aku cukup menjadi manusia labil yang hobi menggalau. 


Yap, galau sekarang udah menjelma jadi nama tengah anak muda. Aku juga nggak paham kenapa istilah galau jadi sangat populer setahun belakangan ini, apakah dampak sosial media atau karena iklan komersil di tv yang makin mendongkrak popularitas GALAU? Itu semua masih jadi misteri. Balik lagi ke awal, ternyata aku juga termasuk anak muda yang sering banget mengalami keadaan galau. Penyebabnya beragam, istilah yang populer saat masa akhir ku sebagai mahasiswa ini cukup mendominasi suasana hati yang messy, hahaha ya karena skripsi aku jadi galau. Dan nggak tanggung-tanggung kegalauan itu malah memperlambat proses penelitianku. Galau karena semangat 45 yang dulu berkobar di awal semester 7 mendadak hilang karena terbentur dengan ijin untuk melakukan penelitian yang sangat-sangat dipersulit. Aku galau karena nggak bisa nyebarin kuisioner, nggak bisa dapat responden dan akhirnya bikin semangat skripsiku hilang gitu aja. Pada akhirnya aku jadi malas untuk bimbingan sama dosen, aku jadi iri sama temen yang penelitiannya nggak serumit diriku, aku nggak mencoba sharing  sama dosen dan mencari solusi karena semua aku biarkan terjadi dan aku stuck pada galau. 


Dari situ aku jadi kepikiran galau itu sebenarnya apa? Kenapa galau jadi selebritis? Kenapa galau itu sekarang jadi hobi baru anak muda? Galau itu penyakit? BUKAN.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) galau memiliki arti sebagai sibuk beramai-ramai ; ramai sekali ; kacau tidak karuan (pikiran). Nah, berarti galau itu seperti ungkapan kegiatan yang dilakukan secara beramai-ramai. Tapi, ada pengertian dari galau yang menyangkut kondisi psikologis yaitu kacau tidak karuan yang lebih pas untuk diartikan sebagai keadaan pikiran yang tidak beraturan. 


Nah, apakah selama ini kita memahami suatu kata dengan makna yang salah? Mungkin Iya, misalnya kita bilang "aku galau" yang maksudnya "sibuk beramai-ramai" tapi orang  yang mendengar itu salah mengartikan bahwa "aku galau" adalah kondisi menyedihkan yang membuat kita menjadi orang yang nggak berani melangkah.


Nggak mau dong kalo terus-terusan dinilai sebagai pribadi yang susah move on? Dari rancunya pengertian galau sendiri, aku jadi mikir apa masih pantas untuk terjebak di situasi yang sama sekali nggak bisa bikin aku jadi orang yang lebih berguna?


Menyadari arti galau aku jadi pengen ketawa sendiri, karena selama ini aku salah kaprah. Galau yang menyangkut kondisi psikologis memang diartikan sebagai keadaan pikiran yang nggak beraturan, mungkin dari pengertian ini membuat arti kata galau sendiri menjadi buram. Keadaan pikiran yang nggak beraturan berarti kondisi dimana kita memiliki masalah dan nggak tahu gimana harus menyelesaikannya, kita takut ambil keputusan takut dengan risiko yang akan dihadapi yang pada akhirnya malah berkecamuk dan jadi perang batin sendiri. Serem nggak tuh? 


Aku sih berharap dengan arti galau berdasarkan KBBI tadi, kita semua jadi paham bahwa galau itu bukan masalah yang nggak bisa dihadapi, galau itu keadaan beramai-ramai. Yang kita pahami sebagai galau saat ini hanyalah sebuah rasa TAKUT, iya takut untuk menghadapi masalah dan nggak mau berusaha nemuin solusinya. Hal seperti itu yang membuat kita jadi sosok yang pesimistis, mimpi aja deh buat move on


Kalo kita masih stuck dengan rasa takut tadi ya bakal susah dong untuk jadi pribadi yang siap meghadapi tantangan. Bukannya dengan jiwa muda yang masih penuh semangat berkobar kita harus berani menerima tantangan? So, ayo mulai sekarang no more GALAU saatnya kita berubah jadi orang yang BERANI. Nggak ada lagi deh istilah "aku galau;gue galau;kamu galau;elo galau;bapak ibu galau". Buat prinsip bahwa kalo mau maju ya harus berani melangkah tanpa takut jatuh terjerembab.


jadi mari sama-sama mengatakan : Lagi (ANTI) Galau!!!




GALAU a.k.a God Always Listening Always Understanding
kalo GALAU yang ini sih boleh-boleh aja, hehehe


sumber : http://bahasa.kompasiana.com/2012/03/23/galau-ini-arti-sebenarnya/




mari move on,


DEE

12 komentar:

  1. kalau aku, sih artiin galau sebagai bimbang, gak tau mau ngapain, gak tau mau ambil keputusan apa, pokoknya kacau balau, hehehe. so true, no more galau, tapi kalau pun galau ya, cepat2 cari jalan keluarnya supaya gak berlarut2. soalnya aku gak percaya ada orang bisa "menikmati" galau, hehehe. seriusan, di dunia ini banyak galau yg lebih gawat daripada sekedar putuh sama pacar atau PR yang belum selesai. aku pernah rasain. jadi kalau buat hal kecil aja galaunya berlarut2, gimana kalau ngalamin yg lebih besar tuh? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, iyap bener kakak :)
      rasanya nggak worth itu juga sih terlalu lama berada di lobang galau

      Hapus
  2. Dapet Pertamax?
    Ngomong2 soal Move On ya kak Deb yo
    sebenernya Move On itu gampang kalau kita bertekad ga berputar di masalah yang sama. Masalah jangan digabung sama diri kita, tapi kita harus bisa mengendalikan (dan menyelesaikan masalah) biar ga kelamaaan galau. Galau menurut saya wajar kak, karena kita manusia punya akal budi, dan perasaan, tapi kalau kelamaan dan ga bisa move on itu ga wajar

    http://redbike92.wordpress.com/2012/06/18/lagi-galau-nih-sob-d/

    oh ya, PR-nya hampir aja kelupaan :p
    jangan dijewer ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah,berarti kunci utama ada sama diri masing2 kan?

      Hapus
  3. Emang sih kalo ngegalau terus gimana mau maju?

    Tapi ada kalanya perasaan kita gak bahagia, perasaan kita sedih, kesel, gak tenang ya namanya juga hidup. Yang harus dilakukan berdoa sama Tuhan biar nggak stuck dengan kegalauan hehehe :D

    BalasHapus
  4. Semoga semua tulisan ini bisa direalisasikan deh.
    hahaha :D
    semangat untuk anti galaunya.
    suka motivasinya :D

    BalasHapus
  5. Ayo hilangkan galau dari sekarang, . stop galau dan jadi diri yang lebih baik..

    BalasHapus
  6. mending melihara kambing dari pada melihara galau... ya toh.. hehe

    BalasHapus
  7. Sudahi galau mu, move on lah ke jalan yang benar
    salam solid !

    BalasHapus
  8. selalu hadapi tantangan yang ada saat gagal jangan GALAU =)

    BalasHapus
  9. mari menjadi Probadi yang BERANI untuk melawan galau
    lalala yeyeye :)

    BalasHapus
  10. ayo kita berani dalam mmengambil setiap keputusan biar gak galau yeeaaah :D
    ayo kakak mari kita bangkit dari galau :D
    kalo galaunya membawa hal positif sih gapapa deh silahkan galau :D tapi kalo galaunya menjerumuskan ke yg negatif :O
    mari tinggalkan saja galaunya hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan sertakan komentarmu disini Dear. :)