Rabu, 20 Juni 2012

Cantik,Kumbang,Senja dan Padang Ilalang

Tak banyak yang bisa ku lakukan ketika segala amarah menguap tak mampu dibendung lagi. Hatiku hanya satu, tidak cukup besar untuk menampung semua kesakitan itu. Pernah kah kamu berpikir lelucon seperti itu cukup menorehkan luka batin? Sungguh,jangan lagi membandingkanku. Berkali aku mengatakan agar kamu mau menghentikan, tapi suaraku pun tak sampai di telingamu. Kamu sengaja menutupnya, dan selalu mengulanginya. Aku sakit.

Tapi aku mencintaimu,

Kamu bilang aku masa depanmu, kamu bilang terlalu lelah untuk mencari penggantiku. Untuk itu kah kamu memilih bertahan bersamaku? Saat sore kita berdua menikmati senja di padang ilalang, kamu sibuk dengan kameramu mengambil gambar kesana kesini. Kamu tak ingin melewatkan setiap moment berarti di sore itu, kamu harus mengabadikannya. Aku tertawa saat kamu diam-diam mengambil pose seksi kumbang yang tengah terbang merendah di sekitaran ilalang. Badanmu turut merendah tanpa kamu perhatikan kakimu salah melangkah, kamu terjerembab dan kumbang itu terbang meninggi. Kamu marah dan memaki diri sendiri. Dari sini aku terbahak, kamu melangkah ke arahku lalu kita duduk bersebelahan. Kamu masih sibuk dengan kameramu, tapi tak pernah sekalipun kamu mengarahkan lensanya kepadaku. Aku memang bukan gadis-gadis plastik, wajahku tak seelok mereka, tubuhku tak sekurus itu. Aku hanyalah diriku, gadis biasa yang selalu bahagia kala kamu bermanja disampingku, aku hanya gadis biasa yang selalu menyambutmu dengan pelukan hangat ketika kamu datang, aku hanya gadis biasa yang berjam-jam memikirkanmu, aku hanya gadis biasa yang betah berlama-lama mendengarkan semua ceritamu. Aku hanya gadis biasa yang mencintaimu.

Aku iri pada gadis-gadis plastik itu, yang bisa dengan mudahnya mendapatkan posisi sempurna di matamu, di kameramu. Salahkah perasaanku? Aku tidak cantik, begitu pula aku tidak sempurna. Kamu juga tidak sempurna.

Kamu selalu mengatakan bahwa Marissa cantik atau Deara dengan mata ekspresifnya membuatmu terpesona. Kamu selalu berkata Angie punya rambut hitam panjang yang lebat. Apakah kamu menyesal memiliki ku yang tidak sempurna seperti mereka? Aku beradu dengan batin, berusaha meyakinkan diri bahwa aku cantik setidaknya itu kata ibuku. Aku pernah sekali begitu membenci cermin, bagiku cermin hanya menggambarkan pesona keindahan semu. Ada yang lebih penting selain fisik sempurna, yaitu hati. Cermin tak mampu memantulkan isi hatiku. 

Aku berusaha, bukan dengan cara instant agar bisa sempurna. Aku tidak ingin mengubah diriku menjadi orang lain, aku ingin tetap menjadi aku yang biasa saja tapi bisa kamu banggakan diantara teman-temanmu, diantara gadis-gadis plastik itu.

Lihatlah, aku berubah sayang. Kini dipipiku ada warna merah merona hasil eksperimenku di kamar ibu. Warna peach memenuhi bibirku, kamu pasti ingin menciumnya. Hahaha. Aku wangi, selalu wangi seperti biasanya. Rambut ku biarkan jatuh terurai, agar kamu tahu Angie tidak sebanding denganku. Memakai little black dress dan heels berwarna merah yang seragam dengan kuku kaki dan tangan ku yang telah dipoles.

Aku ingin kamu melihatku, seutuhnya. Luar dan dalam.

Jangan lagi kamu membandingkanku dengan mereka, karena aku sangat CEMBURU!

Kamu terpana melihatku, bola matamu mengikuti gerak langkahku. Aku tidak banyak berubah, aku hanya sedikit bersolek. Agar kamu tahu, pacarmu ini CANTIK. 

Aku masih gadis biasa yang mencintaimu utuh.

Kita kembali menikmati senja di padang ilalang, kamu terus menatapku. Dan untuk pertama kalinya, kamu mengarahkan kameramu kepadaku.
Ada rasa puas dihati, 

Tiba-tiba, ada seekor kumbang terbang mendekatiku. Ia berdiam di tanganku, kamu beranjak berdiri dengan cekatan kamu mengabadikan momen itu.

"Kamu cantik" katamu
"Terima kasih mas" jawabku pelan sambil terus menatap senja
"Maafkan aku dek"
"Maaf untuk apa?"tanyaku sambil memperhatikan wajahmu
"Maaf aku yang tidak pernah bisa melihat dirimu secara utuh, maaf aku yang selalu membuatmu cemburu, maaf karena aku begitu bodoh"
"Ya, kita terkadang harus menjadi bodoh untuk dapat memaknai dan mensyukuri apa yang sudah kita miliki, Mas"


Aku baru menyadari gadis-gadis plastik itu memang merebut perhatianmu lewat kemolekan semunya, tapi hati dan cinta yang kamu miliki seutuhnya hanya untukku.

Aku mungkin saja akan terus cemburu, karena kamu dikelilingi pesolek ulung. Tapi disaksikan senja dan kumbang sore ini, aku tahu kamu terlalu bodoh untuk meninggalkanku yang memiliki kecantikan utuh, luar dan dalam.

Aku mencintaimu Mas, dengan apa adanya diriku. Ku harap kamu tahu dan mensyukurinya.

27 komentar:

  1. Gadis plastik? yang boneka pajangan di toko kah? atau yang namanya angie operasi plastik?

    Jangan cemburu, saat berusaha jadi orang lain karna ingin menyenangkan dia. saat itu juga kamu mempertaruhkan setengah hakmu untuk jadi diri sendiri. buat kamu berbeda dengan cara yang kamu suka =)

    siiip bagus, cuma kalau kata basith dulu masih banyak penggunaan koma di banding titik. kasih jeda pembaca untuk bernapas =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gadis plastik maksudku bukan manekin bang :(
      ya anggap saja gadis plastik itu mereka yang cantik dengan make up dan segala bentuk operasinya agar wajah dan tubuhnya jd molek.

      tanda koma juga bisa jadi jeda saat membaca kan? hehehehe
      makasih ya bang koreksinya

      Hapus
  2. Kecantikan semu terkadang membelenggu menutup pandangan pasti. Namun biarlah, kesungguhan dan ketulusan akan selalu punya cerita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesungguhan dan ketulusan akan membukakan mata hati suatu hari nanti :)

      Hapus
  3. Jadi diri sendiri lebih baik.

    biarlah orang memandang seenaknya. yang penting kita telah memandang diri sendiri. so, ga perlu iri. BE YOUR SELF #azzeek

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makanya, aku membuat sosok si cewek seperti ini > Aku berusaha, bukan dengan cara instant agar bisa sempurna. Aku tidak ingin mengubah diriku menjadi orang lain, aku ingin tetap menjadi aku yang biasa saja

      Hapus
  4. well, the result is... hmm? semua wanita itu cantik... tapi kita bisa jadi wanita paling cantik se-dunia saat kita bersama orang yang kita cintai :)

    gogreen ya !!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. go green?? hahahaha,mungkin cantik akan lebih alami dengan go green :)

      Hapus
    2. Hah?? ya bukan gitu...
      tapi boleh2..
      hmm? jadi, orang paling cantik sedunia itu kalo dia hatinya cantik, sama orang yang dia cintai, terus dia juga mencintai lingkungan.. han dia ngajarin orang lain buat ramah lingkungan! (aku banget ya?)#huekk
      ahahaha..

      Hapus
  5. Aku terdiam, karena aku terpana. Menyaksikan karangan yang kita lukis bersama. Tak terganti, walau kau mati. :) Bukankah pengalaman cinta lebih berharga daripada plastik buatan di luar sana? Cinta bukan karena cantiknya luar dan dalam, tapi cinta mencantikkan kedua pasangan dalam kebersamaan yang tak terganti. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka bagian ini:
      Cinta bukan karena cantiknya luar dan dalam, tapi cinta mencantikkan kedua pasangan dalam kebersamaan yang tak terganti. :')
      daleeem

      Hapus
  6. Sadari, syukuri.
    Dirimu sempurna.
    Jangan dengarkan kata mereka.
    Dirimu indah.
    Pancarkan sinarmu.
    You're beautiful, beautiful.
    Kamu cantik dari hatimu :p


    Well, kritikan cerdas.
    Ceritanya menarik.
    Terlebih setting yang kau gambarkan.
    Aku hanyut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas aih twiboys ya?? hahahaha

      senangnya ada yang terhanyut membaca tulisan ini :)
      muchas gracias

      Hapus
  7. dimana keindahan di pandang mata hanyalah sebuah ilusi semata,, untuk apa kita memendam rasa cemburu pada gadis-gadis khayalan,, jadilah kecantikan untuk dirimu sendiri,,karena itu jauh lebih berharga dan berkesan..tanpa kau sadari dia memendam kagum akan dirimu,, yang selama ini kau pertanyakan...

    BalasHapus
  8. Ini fiksi kan? aku suka sama kalimat "Cermin tak mampu menampilkan isi hatiku" yahaa bentul sekali itu kakaa....

    Gadis plastik? cantik? ah aku jadi kebayang sama barbie-barbie mainanku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini fiksi kok sesuai labelnya. Hahaha

      Hapus
  9. Jadi ini gadis plastik yang kita bicarakan? Gadis plastik yang selalu menjadi saingan? Gadis plastik yang selalu mudah menarik perhatian?
    Haruskah kita iri? Mereka hanya bisa menjadi saingan yang membuat hubungan menjadi lebih berkesan dengan ujian. Mereka hanya bisa menarik perhatian dari luar yang suatu saat akan ditelan oleh waktu yg berjalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi gimana kalo kriterianya memang gadis plastik? bukan gadis biasa yang alami?

      Hapus
    2. Masih perlu kamu tanyakan? Bukankah jawabannya sudah jelas? Dia hanya melihat dari luar, dia tak mau melihat jauh kedalam. Dia hanya memilih kecantikan yg dapat dipamerkan, bukan kecantikan yg dapat dijadikan pelajaran. Dia hanya ingin yg enak dipandang, bukan yg enak dijadikan teman berbagi pikiran.
      Masih perlukah orang seperti itu dipertahankan dan mendapatkan ketulusan?

      Hapus
  10. anyway, bukannya wanita juga perlu bersolek agar hati lelaki-nya selalu tertambat padanya? *no hard feeling

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang harus dandan, bukan hanya utk si pacar tapi sebagai penghargaan buat dirinya sendiri. cuma terkadang ada pasangan yang merasa tidak puas dan kurang mensyukuri apa yg sudah dimiliki pasangannya, semacam belum bisa melihat pasangannya secara tulus :)

      Hapus
  11. aku bingung mau komentar gimana...<===masih labil,belum bisa jadi diri sendiri
    tapi...ceritanya ngasih inspirasi mbak...bahwa kecantikan sejatinya terpancar dari hati... :)

    BalasHapus
  12. gadis pelastik..?
    saya sih malah nangkepnya Girlband2 yang ada dibalik layar kaca.. :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan sertakan komentarmu disini Dear. :)