Jumat, 18 Mei 2012

INDONESIA GO BLOG !


Halo Dear,

Apa kabar? Ya semoga semua baik-baik aja. Minggu ini jadi minggu yang sedikit menyiksaku karena aku sakit. Sakitnya sih Cuma batuk aja tapi sukses bikin suaraku hilang, serius deh bener-bener bikin aku mati gaya. Ditambah lagi anemia juga ikutan kambuh, ngebuat aku berhari-hari terkapar di kasur. Oke cukup. Yang penting sekarang semuanya baik-baik aja. By the way, kalian pernah nggak sih ngerasain pengen menjelaskan sesuatu atau mengungkapkan opini tapi nggak tahu harus gimana memulainya. Nggak pede untuk ngomong dengan lantang karena takut suara kalian nggak didengar. Dan pada akhirnya ide-ide atau opini yang ada di otak tinggal sebuah hal yang sia-sia aja. Aku salah satunya, masih sering aku merasa nggak pede ketika aku punya satu gagasan yang pengen orang lain tahu tapi aku kalah sama rasa nggak percaya diri yang ada didiriku. Aku sampai sebel sendiri sama sifatku ini, bener-bener menghambat aku untuk satu langkah lebih maju.

Pada akhirnya aku memilih untuk menuliskan semua yang jadi uneg-uneg di kepala, biasanya berupa tulisan singkat semacam esai dan puisi. Aku merasa ketika menulis segala hal yang tidak bisa aku ungkapkan melalui suara bisa tersalurkan dengan baik melalui tulisan. Ada lagi hal yang menganggu, masih tentang ketidak pedeanku ketika aku sudah menulis ya hanya aku simpan sendiri, belum berani rasanya untuk publish. Sampai pada akhirnya aku menemukan satu wadah untuk menyalurkan tulisan-tulisanku. Dari yang Cuma sekedar hobi nulis, sekarang aku malah pengen bisa serius di dunia tulis-menulis. Tulisanku juga biasa saja, aku menyadari kemampuanku karena aku ingin serius dibidang ini maka aku terus melatih kemampuanku. Melalui sebuahBLOG, aku menemukan dunia baru. Mungkin bagi kalian yang awam bingung dengan apa itu blog? Blog sebenernya seperti website, yang membuat blog berbeda dari website pada umumnya adalah blog hadir sebagai media untuk seseorang yang ingin tulisan-tulisannya diketahui khalayak ramai.

Proses penyampaian informasi pada blog aku gambarkan seperti ini


Seorang komunikator dalam hal ini blogger memiliki sebuah pesan yang ada pada otaknya yang ingin dipublikasikan pada banyak orang. Pesan yang ada pada otak blogger tersebut ditransformasi menjadi sebuah bentuk tulisan, gambar atau video melalui sebuah media yaitu Blog. Dari blog banyak orang (komunikan/ reader) dapat mengakses informasi yang disampaikan blogger. Proses pemaknaan pesan pada reader tersebut dinamakan encoding. Ketika seorang reader telah meng-encode pesan maka selanjutnya reader akan memberikan feedback atau umpan balik pada blogger berupa komentar pada postingan yang dibaca dan bisa juga follow blog tersebut.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menulis, aku percaya dengan tulisan pun kita mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Kecanggihan teknologi yang makin pesat dapat menunjang dan membantu kita untuk tetap eksis. Maksudnya begini, ketika kita takut untuk berbicara tentang suatu issue kita tidak perlu kebingungan, kita bisa menuangkannya melalui tulisan. Manfaatkan kehadiran blog, Internet juga makin mudah diakses oleh tiap orang. Jadikan apa yang kita tulis sebagai pesan positif sehingga ketika kita berbagi melalui sebuah postingan di blog, para reader dapat memaknai sesuai apa yang kita harapkan.

Di negara kita banyak sekali issue yang bisa kita jadikan topik bahasan, ketika kita merasa ada yang nggak beres kita nggak perlu ragu untuk mengupasnya, tinggal bikin postingan di blog dan ajak para reader berdiskusi. Sudah seharusnya Indonesia menjadi lebih baik, kita sebagai anak muda harus dinamis,cerdas dan inovatif. Kenapa anak muda? Karena kita adalah generasi perubahan, bahasa kerennya sih we are agent of change. Nggak melulu harus berorasi dibawah terik matahari dan menghabiskan energi. Mulailah dengan hal kecil seperti membuat postingan di blog. Banyak blogger yang berhasil menjadi role model dalam hidup.

Jadi, bagi kalian yang masih kebingungan untuk menyuarakan opini tapi hasrat untuk mengubah Indonesia itu besar lebih baik lakukan dengan blog. Saatnya Indonesia GO BLOG! (sekali lagi bacanya dengan aksen kebule-bulean) siapa sangka nantinya blog kita bisa menarik perhatian dunia dan mengubah mindset negatif tentang Indonesia menjadi pengetahuan baru yang tentu lebih positif.

AYO, saatnya INDONESIA GO BLOG!!

salam sukses

DEE

16 komentar:

  1. GWS ya Deb...
    ya banyak cara untuk melakukan perubahan itu selagi ada niat dan usaha.. jangan remehkan kekuatan sebuah kata, karena kata bisa merubah apa saja.. semoga kita bagian dari blogger yang merubah sedikit citra dunia maya dari konotasi negatifnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang uzay makasih.
      aku percaya kok bang, dari hal kecil diawal pasti akan bawa perubahan besar

      Hapus
  2. Yup, banyak blogger yang jadi role model dalam hidup..
    dan mereka action juga di dunia nyata..

    Yo, Indonesia Go Blog! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap..sapa tau suatu saat salah satu dari kita bisa menginspirasi dunia dengan tulisan kita :)

      Indonesia Go Blog!

      Hapus
  3. Setuju We are Agent of Change,,, mari keep blogging... Walaupun belum bisa menulis tapi kita masih bisa belajar ^,^

    BalasHapus
  4. Get well soon Kakak. Wih begitu log in ke dashboard postinga temen2 Indonesia Go Blog semua. Yahaa, SYifa juga gitu. Menulis untuk mengungkapka apa yang tidak (berani) kukatakan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih cantik,ini udah agak mendingan kok. jadi selama kita bisa menulis, lakukan dan buat jadi hal yang positif cantik :)

      Hapus
  5. Pemikiran yang cerdas. Salam Solid! :)

    BalasHapus
  6. Setuju kak deb, dengan nge-blog kita bisa menuangkan pendapat kita dengan lebih leluasa, masalahnya seblum blog populer, tulisan kita cuma numpuk di laci meja dan kalau hogi ya masuk di majalah...
    http://redbike92.wordpress.com/2012/05/18/indonesia-go-blog-ngeblog/

    BalasHapus
  7. I love your spirit... :D
    Keep it! By the way, get well soon yaaa... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya iri sama otak kreatifmu Glen :)

      founder BSO, ckckck...

      makasih ya :)

      Hapus
  8. Agent of change :3 jd ingat kata2 di kampus hehehe

    BalasHapus
  9. Asikkan bahasa Agent of Change keluar <-- didoktrin begitu pas baru masuk kampus.

    Welcome di dunia blogging dan tetap menulis hal yang bermanfaat bagi bangsa, tapi tetap yang penting kita mendapatkan kepuasan tersendiri dari blogging. #guengomongapa?

    BalasHapus
  10. *sedang belajar ngomong Go Blog dengan logat kebule-bulean*.

    Menulis untuk mengungkapkan isi hati dan meluapkan isi hati. :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan sertakan komentarmu disini Dear. :)