Sabtu, 10 Maret 2012

antara skripsi,pesimistis dan persahabatan

halo dear,,
finally..bisa menyapa lagi, setelah sekian lama nggak bisa posting akibat paket modem yang habis..how are u?? baik kan?? harus baik dong..harus disyukuri apapun yang terjadi dalam hidup kita setiap harinya..ya ya ya?? 
be te we..senin tanggal 5 Maret 2012 kemarin pukul 13.00 aku akhirnya melaksanakan sidang skripsi, berjuang untuk bisa menggapai asa lulus 3,5 tahun..hmm..and..i did it!! hahahaha..senengnya bukan kepalang..seneng yang teramat sangat. 

nyoba ingat-ingat mulai dari Desember 2011 sampai awal Maret 2012 aku bersekutu sama yang namanya laptop,kertas,flashdisk,kuisioner,buku-buku ilmu komunikasi,cemilan (yang terakhir itu tambahan aja) hahaha..ternyata perjuanganku supaya bisa jadi sarjana ilmu komunikasi nggak sia-sia..

banyak hal yang aku dapatkan selama pacaran sama skripsi..dan bisa dijadikan pelajaran buatku..pelajaran yang sangat berharga..

diawal proses pengerjaan skripsi, aku mahasiswa dengan otak pas-pasan kebingungan banget waktu mau ngajuin topik skripsi..nyari wangsit sana sini..dan nemu..ahaaaa..bingo..dengan segala kepedeanku..datanglah aku ke ruangan dosen pebimbingku..kalian tau apa yang terjadi kemudian..topik ku DITOLAK..
rasanya tuh kayak bungee jumping dari Golden gate ke bawah sungai yang penuh kepiting dan belut listrik..sakiiit..sakit karena ngerasa wangsitku yang sudah dicari berhari-hari sampai mendadak galau ditolak dengan sukses sama dospem ku..*Mamah..aku mau pulang*

malamnya di kos  aku renungkan dan mencoba menerima..ternyata topik ku yang sangat aku banggakan emang bener-bener nggak cucok untuk diajukan jadi penelitian..astaga..malu beraaaat..besoknya kembali lah aku ke ruang dospem untuk curhat soal topik skripsi,,dan..
dospemku membawa satu pencerahan yang benar-benar bisa ngebuat aku bangkit dari keterpurukan..dospemku yang baik hati memberikan topik baru..singkat cerita..topik dari dosenku itulah plus saran-saran dari beliau aku bisa dengan semangat memulai mengerjakan skripsi..

diawal semua terlihat mudah..seminar proposal bisa dilalui dengan baik..
sampai pada akhirnya, aku memulai penelitian..
ada satu masalah yang muncul tiba-tiba dan memberi dampak yang besar pada skripsiku..iya syukur-syukur kalo dampak postif, nah ini dampak negatif..kalian tau apa masalahnya?? jawabannya cuma satu : MALAS. Asli dan nggak bohong, rasa malas atau sifat malas yang membabi buta saat itu, sukses membuat aku ketinggalan banyak kesempatan  untuk segera nyelesain penelitian. 


Aku punya banyak waktu sebenarnya, bahkan aku bisa dengan cepat kalo pengen segera selesai skripsiku ini, ya tapi sekali lagi perasaan malas itu benar-benar hebat membuat aku nggak semangat ngerjakan penelitian. Suatu hari, salah satu teman mengabariku kalau dia sudah mendaftar untuk sidang skripsi. Aku kaget, tentu nggak perlu diragukan lagi. seingatku, kecepatan dia ngerjain skripsi nggak jauh beda sama aku, tapi kenapa dia udah selesai lebih cepat? nggak terduga-duga, besoknya di kampus sudah banyak teman-teman seangkatan yang pengen lulus dalam waktu 3,5 tahun saja pada rame-rame daftar sidang skripsi..


Apa yang terjadi padaku saat itu?? asal tau aja, kakiku rasanya langsung lemes, pundak jadi kerasa makin berat, otak penuh karena nggak bisa mikir, hati ? shock abis. kebingunganku yang makin menjadi-jadi malah menyebabkan timbulnya satu masalah baru..


PESIMISTIS. iya, perasaan pesimis malah menghantui aku setiap harinya. Aku jadi kesulitan buat mikir jernih, mencoba menyelesaikan bagian akhir dari skripsiku sendiri rasanya susah. ditambah lagi perasaaan takut..takut gagal, takut harapanku untuk lulus dalam waktu 3,5 tahun batal terlaksana..MENYESAL.. selalu datang terlambat..


Aku down..sejatuh-jatuhnya..sudah nggak yakin lagi sama diri sendiri, terus-terusan menyalahkan diri bukannya mencari solusi. 
narsisme sarjana :)
terbengkalai semua urusan dan angan-angan yang sudah aku susun rapi. Ya, memang ini salahku yang lebih mengutamakan kemalasan daripada tanggungjawab. Saat-saat galau seperti itu, aku ngerasa sendiri..aku iri ngelihat teman-temanku yang sudah pada sibuk mengurus pendaftaran sidang atau iri pada teman-temanku yang sibuk membuat materi presentasinya. Aaaargh..perasaan iri itu rasanya jahat banget. kenapa harus dihantui hal-hal negatif saat seperti ini? (hantu emang selalu berdampak negatif,hahaha LOL). 

Tapi, disaat aku merasa sendiri dan kacau, saat dimana aku merasa nggak ada yang peduli sama aku..setidaknya untuk mendengarkan keluhanku soal skripsi. Hadirlah mereka..
MEREKA = teman-teman
bahkan mereka yang sebelumnya tidak begitu dekat denganku, semua malah dengan tulus mendukung aku, dengan cara mereka masing-masing..Ada yang dengan sabarnya, mendengarkan aku curhat-curhat sampai nangis bombay, ada juga yang memakai sindiran yang cukup pedes (kayak cabe) biar aku ngerasa terpacu lagi atau dengan cara memberiku wejangan atau saran-saran dan kritikan yang obyektif kepadaku..Kenapa aku bisa pesimis, ini itu lah..banyak hal yang mereka lakukan, hal baik yang sudah mereka berikan padaku nggak mungkin pernah aku lupakan. Mereka jadi my super booster-24 hours, demi membuat aku kuat dan bisa segera menyelesaikan skripsi.

dari situ aku merasa banyak pelajaran yang bisa aku petik dalam hidup ini. Memang untuk menggapai hal yang diinginkan diperlukan pengorbanan dan kemauan yang besar, dan jangan pernah sekali-kali mendominasikan kemalasan dalam proses belajar, karena hal itu malah membuat kita mundur selangkah..akibatnya pesimistis. Dan disaat kita ngerasa sendiri, percaya Tuhan itu nggak akan membiarkan kita benar-benar sendiri. Ia akan mengirimkan banyak pasukannya untuk menemani kita, membuat kita bersemangat kembali. persahabatan itu mahal harganya. 

karena skripsi, aku menemukan orang-orang baik,teman terbaik 
karena skripsi, aku belajar untuk nggak malas  lagi
karena skripsi, aku tau mana yang harus lebih diprioritaskan 
karena skripsi, aku paham kalo ketakutan yang nggak beralasan akan membuat aku mundur selangkah dan melepas kesempatan yang ada..

Jadi, inilah aku yang baru. Yang ingin bisa yakin pada kemampuan diri sendiri. Aku yang juga bersyukur karena dipertemukan dengan orang-orang hebat seperti MEREKA = teman-temanku..


salam sarjana,


DEE


10 komentar:

  1. congrats yahh yang udah jadi sarjana :)
    smoga nnt ketika mencari pkerjaan di permudahkan oleh Tuhan :)

    BalasHapus
  2. selamat ya dee, semoga ilmunya bisa diamalkan :)
    ahh enaknya udah lega bisa nyelesaiin kewajibab, trus bisa tamat 3,5 tahun lagi :(
    coba dulu gw gx msuk teknik #ehh
    hehheee
    doain gw ya biar bisa nyusul, bosen juga udh hampir 2 tahun berkutat sama TA >_<

    BalasHapus
  3. wohoooo menantu ideal adalah sarjana ekonomi tuh hahahaaa..
    congraaats yaaaaaa semoga sukses !!!

    BalasHapus
  4. @Ladycuteh : amin..makasih ya..
    @ Widie : ayo semangat!!!! jangan males deh kayak aku..kuliah ambil apa aj klo niat pasti cepet selesai cantik :D..semangat terus ya..
    @ Nonni : semua pada narsis sama fakultas masing2..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nya mah semangat...DP nya aja yang udah kayak artis papan atas apa jailangkung tuh..ssh amat dicarinya -___-"

      Hapus
  5. sebenernya banyak hal yang dapat dipelajarin dari satu fase kecil dalam hidup =)

    BalasHapus
  6. @Andaka : dan skripsi adalah fase kecil dalam hidup yang memberikan banyak pelajaran berharga untuk saya :D.. semangat!!!

    BalasHapus
  7. duh, asyiknya punya temen kayak gitu yaa mbak :)
    selalu beri suport sama kitaa ,

    BalasHapus
  8. @Irra : hihihi iya,malahan mereka itu unpredictable person lho. tidak pernah mjdi tmn dekat sebelumnya tapi total banget waktu ngasih support..selayaknya sahabat lama..

    BalasHapus
  9. Menantu ideal adalah sarhana ilmu komunikasi
    sukses ya :))

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan sertakan komentarmu disini Dear. :)