Senin, 02 Desember 2013

Aturan yang sering dilanggar saat berada di Rumah Sakit

Hello Dear,

Hari ini lumayan melelahkan buat gue, gue harus akui pasien di RS tempat gue bekerja setiap harinya semakin bertambah itu berarti kinerja pelayanan untuk pasien juga perlu ditingkatkan. Biarpun hati lagi bete karena abis berantem sama pacar atau lagi stres karena gaji yang udah mulai menipis di tanggal muda sebaiknya tetap memberikan pelayanan yang maksimal. Rumah sakit adalah pilihan terakhir tempat untuk didatangi, emang pernah ada gitu yang weekendnya piknik di RS? Nggak ada kan? Mereka yang datang ke RS adalah mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk kesembuhan. 

Sebagai seorang customer service representative gue pun berusaha sekuat hati untuk tetap keep smile ketika gue harus berhadapan dengan pasien. Sehingga apa yang gue jelaskan dapat diterima dengan baik sama pasien-pasien itu. Tapi, namanya juga manusia selalu ada kurangnya, karena kesempurnaan milik Bunda Dorce eh salah maksud gue kesempurnaan hanya milik Tuhan. Ada hal-hal yang nggak bisa terus-terusan di keep berjalan dengan baik dan sesuai prosedur. Saat gue dan teman-teman gue berusaha ngasih pelayanan yang terbaik ada beberapa pasien yang nggak ngehargai itu. Jadi, sekarang gue pengen share sedikit soal aturan yang sering dilanggar ketika berada di Rumah Sakit. Yuk mari..

1. Nggak Mau Antri
Ketika lo berada di tempat layanan umum udah pasti diberlakukan sistem antrian. Kenyataannya masyarakat kita masih banyak yang nggak mematuhi peraturan ini. Hal ini yang sering bikin jengkel gue dan teman-teman sesama pegawai RS. Maunya apa-apa serba didahulukan, dan yang bikin kesel kalo mereka udah mulai sok segalanya. Misal nih ya, yang pernah gue alamin langsung, ada seorang ibu yang dandannya neces abis, pake cincin segede batu kerikil, nenteng tas merk ternama datang buat daftar ke dokter spesialis THT, si ibu nyerobot barisan yang ada. saat gue jelasin ke ibu sok kaya itu supaya dia ambil nomor antrian dan baris sesuai urutan eh ibunya malah marah-marah. Kalo cuma marah sih udah biasa ya,lha ini pake bilang "Kamu tahu siapa saya,Hah? kalo nggak ada suami saya RS ini nggak bakalan bisa berdiri. Enak aja saya disuruh ngantri" Jleb. Gue cuma melongo, dalam hati udah maki-maki tuh ibu sok tajir. Cuma karena lakinya pejabat pemerintahan yang ngurusin izin mendirikan bangunan rs tempat gue kerja aja soknya selangit, yakali dia orang penting. cuih!
penguin aja bisa antri. sumber klik disini

2. Nggak mematuhi jam berkunjung
Poin ini juga sering bikin gue kesel, tiap rumah sakit pasti memberlakukan aturan untuk jam berkunjung pasien yang rawat inap. Tujuan supaya kenyamanan pasien dan proses penyembuhan pasien itu nggak terganggu. Apalagi kalo pasien itu harus dirawat di kamar yang berisi lebih dari empat pasien atau di bangsal udah pasti dong pembesuk yang datang dibatasi supaya nggak mengganggu pasien lain yang sedang istirahat. Seringkali pembesuk yang biasanya datang secara rombongan nggak peduli sama aturan ini, udah jelas di dekat lift tertulis kalo jam besuk untuk yang pagi dari jam 10 sampe jam 12 siang dan untuk yang sore dari jam 5 sore sampe jam 7 malam. lebih dari jam tersebut pasien nggak boleh dikunjungi. Pihak security udah sering menegur tapi hal ini nggak pernah dipeduliin bahkan ada yang sampai nekat lari bergerombol lewat tangga supaya bisa langsung ke kamar pasien itu. Sungguh ya om tante perbuatan kalian justru mengganggu ketenangan seisi rumah sakit.


3.Dilarang mandi di toilet duduk
Poin ini nih yang sering dilanggar, agak lucu sih emang. Di rs tempat gue kerja, toilet umumnya adalah toilet kering jadi cuma bisa digunakan untuk pipis dan pup. Dan toilet yang digunakan pun toilet duduk bukan toilet jongkok. Di setiap bilik toilet sudah ditempel cara menggunakan toilet yang baik dan benar, udah jelas banget tombol flush juga didesain bulatan besar supaya orang tahu kalo mencet tombol itu otomatis nyiram dengan sendirinya. Ada juga shower dan tissue untuk ngebersihin "itu"nya kita. Sayang, nggak semua orang paham dan familiar dengan model toilet duduk. Ada lho yang tetep jongkok pas pipis ato pup di toilet model duduk gitu. Gue tahu karena pas gue lagi antri dan giliran gue mau pake tuh ada bekas sepatu yang nempel dipijakan yang seharusnya digunakan untuk naruh pantat kita. Gue pun urung pipis. Dan yang lebih parah lagi toilet kering itu dipake mandi sama orang, yang akhirnya bikin toilet jadi banjir dan bau pesing. Kenyamanan di toilet jadi rusak sering lho pasien atau pengunjung yang lain komplain karena toilet kotor banget. Gue suka kasian sama mbak cleaning service yang tugasnya bersihin toilet, mereka mau negur orang juga nggak berani kalo dibiarin mereka juga capek bersihinnya, gue sering lihat petugas cleaning service sering telat buat istirahat gegara harus ngebersihin toilet karena yang abis pake toilet itu nggak bisa baca aturan yang ada.
.  
toilet duduk dan aturannya dibaca ica kaleee   
Aturan kan dibuat supaya lebih mempermudah pelayanan yang ada jadi sebaiknya masing-masing individu juga punya kesadaran untuk mematuhi aturan yang itu. Apalagi di tempat umum seperti rumah sakit jelas lah kenyamanan dan kebersihan jadi concern utama. Kalo kita bisa menghargai aturan yang ada dan mentaatinya gue yakin hidup kita bakal lebih teratur.

Segini aja postingan kali ini, kalo kalian punya pengalaman yang sama dimanapun itu hayuuuk lah di share di kotak komentar.

Terima kasih sudah membaca
Keep Blogging..

:)

7 komentar:

  1. kalo kata orang yang gak aneh "peraturan di buat untuk di langgar" jadi jangan salahkan orang yang GAK ANEH. uhuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti hanya orang aneh yang mematuhi peraturan?

      Hapus
  2. Yang bagian melanggar antri karna merasa punya kerbat dgn status tinggi itu lumayan sering ngeliatnya, ngeselin juga. Rawwr!

    BalasHapus
  3. Aseg aseg dee.. terus update cerita lo..

    BalasHapus
  4. hahaha bener tuh, peraturan dibuat untuk dilanggar. sebenernya sih aku yakin bgt mereka udah paham dgn aturan itu, tapi yaa gak mau ngalahin ego masing-masing sih :3
    mau dia pejabat atau apa kek, kalau namanya antri ya harus antri lah. tapi sering banget di berbagai tempat yg ngakunya pejabat ataupun kerabatnya pejabat pasti ngesok gitu deh.

    btw salam kenal yak :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu yang bikin kesel deh, salam kenal juga :)

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan sertakan komentarmu disini Dear. :)