Jumat, 06 Januari 2012

i wish i could be an author

pernah ga sih ngerasa punya passion sama satu hal..tapi malah worry buat ngejalaninya???
kalo punya berarti apa yang kalian rasakan sama persis dgn saya..
mungkin kalo kalian meneruskan membaca tulisan saya ini kemudian berpikir ini hanya coretan curhatan saya..
dan saya memanfaatkan jejaring sosial ini sebagai media saya untuk nulis...it's okay..

setahun buat saya adalah waktu yang lama untuk tidak pernah menulis lagi..
bukan menulis catatan perkuliahan yg saya maksud..
tapi menulis sesuatu yang saya suka..sejauh ini saya hanya berani menulis puisi..
yang sebenarnya juga tidak bermakna apa-apa..
saya masih jauh dari mimpi saya untuk jadi penulis..sangat jauh..

saya masih ingat betul,ketika SD mama selalu dan tidak pernah telat membelikan saya majalah BOBO..
majalah anak-anak dengan tokoh kelinci berwarna biru dan kuping yang lebar..si BOBO..
dari kebiasaan saya membaca itulah,akhirnya saya suka sekali menulis..menulis apapun deh..
saya juga masih ingat pernah mengirim puisi dengan judul "Kartini" ke majalah BOBO..voila..puisi saya dimuat..
saat itu senangnya bukan kepalang..

saya juga jadi punya sahabat pena gara-gara puisi yg dimuat di majalah BOBO..
mbak Ade kalo saya ga salah ingat namanya..orang Bandung..

saat itu saya berpikir kalo suatu hari nanti saya bisa jadi seorang penulis..

keinginan itu makin kuat ketika SMP,, saya masuk dalam kepengurusan majalah sekolah..
saya gemar menulis..saya masih 13 tahun saat itu..usia anak-anak bertransformasi ke ABG..hahaha
jadi sudah pasti isi tulisan saya soal cinta-cintaan..cinta monyet anak SMP..
sekarang saya malah menyadari seburuk se-ga-penting dan se-ga-bermakna-nya tulisan saya saat itu..
adalah sebuah proses dimana saya belajar untuk menuliskan apa yang ada dalam pikiran dan imaji saya..

teman SMA saya, Marcelina (nonong lebih terkenalnya,hehehe)pernah bilang..saat itu setelah rapat pengurus majalah sekolah
saya, Marcel dan beberapa teman makan di warung soto Cak Miskun dekat sekolah,yang kalo pelajar sekolah selalu dapat potongan harga tiap makan disana..terlibatlah  kami dalam obrolan yang ngalor ngidul ngetan ngulon..dan saya tiba-tiba bertanya pada marcel dan temna-teman yg lain..
"Eh, kalian pernah mikir ga sih?sekarang kita lagi asyik duduk dan makan disini..terus 3 jam lagi sapa ya yg bakal duduk disini?kebayang ga kalo ntr yang duduk disini orang yg kita kenal? Pak Tugino,misalnya?"
"Kurang kerjaan kamu deb,mikirnya kok aneh gitu?"kata temen saya..saya cuma senyum..
"Deb,kamu nyadar ga sih pikiran dan khayalanmu itu menurutku adalah pikiran seorang penulis,,sapa tau kamu ntar bisa jd penulis beneran" kata si marcel..

sampai detik ini saya ga pernah lupa ucapannya Marcel, Ketua Redaksi Majalah Expose SMAK Untung Suropati Sidoarjo..yang teman satu angkatan saya..

penulis?mimpi dan passion saya..

ketika saya kuliah..dan bertransformasi untuk kedua kalinya menjadi MAHAsiswa..kata senior saya dikampus saat ospek..mahasiswa adalah maha kedua setelah MAHA ESA..
melepas masa remaja saya yang unyu unyu dan berproses menuju perubahan yg lebih mature 
saya jadi belajar menulis itu tidak hanya sekedar menuangkan apa yang ada dipikiran..
menulis juga butuh konsep..serangkaian imajinasi yang dikombinasikan dengan kata-kata ditambah dengan wawasan diri dan sekitar..bertransformasi disecarik kertas dengan bantuan pulpen..atau diketik dalam laptop dengan bantuan key board nya..menjadi sebuah tulisan..itulah konsep dari menulis..

kembali lagi ke awal tulisan saya ini..
saya punya passion..itu yang paling dibutuhkan..tapi saya khawatir terhadap ketidakmampuan saya menulis..
saya jiper-keder-grogi-ga pede duluan..saya takut untuk memulai..

teringat obrolan saya dgn teman kuliah yang sama sekali saya ga pernah terlibat obrolan panjang dgnnya..
saat itu, ditengah obrolan kami..teman saya ini berkata
"Aku ga pengen Deb, hidup straight-flat gitu aja..kuliah pulang..kuliah pulang..aku pengen hidup yang up and down..biar aku bisa banyak belajar..hidup cuma sekali,masa aku mau iasa-biasa aja..standar banget"

ketika itu saya langsung ingat kalo saat kecil saya punya passion ..yang udah setahun ini saya lupakan..
saya rindu..setahun..menahun..saya buang percuma..saya lupa dan tidak mau mencoba..

mengutip kata-kata Fitri Tropika dalam bukunya Kening
saya ngerasa selama ini kamu terus-terusan cuma berwacana dan bercerita saja. semua impian dan cita-cita, kamu pikirin semua dikepala kamu. kamu pikirin terus pikirin terus sampe akhirnya kamu pusing sendiri and u didn't even start take any actions.....start to act, not talk only..
jujur saja ini bener-bener jadi booster buat saya..

dan kata Cherry,teman satu kos saya..saya harus mewujudkannya..go for it..

so, saat ini saya memutuskan
untuk kembali mengejar impian saya..dengan amunisi passion dan serangkaian konsep menulis tadi..saya harus bisa!!!!

5 tahun lagi..target saya..i wish..i could be an author..

:: untuk kalian yang mempunyai mimpi.. :))

mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia
-Laskar Pelangi- Nidji

*Pak Tugino : guru bidang studi Biologi saat saya SMA..orangnya mungil,humoris dan berkaca mata..satu hal yang saya selalu ingat, Pak Tugino ini selalu membawa kotak pensil berwarna pink..nice :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan sertakan komentarmu disini Dear. :)