Kamis, 15 Mei 2014

Hidup itu untuk memilih bro sis!

Hello dear,

Sudah 4 bulan gue nggak nulis apa-apa di blog ini. Gue pun merasa gagal menjalankan resolusi gue untuk rajin nulis di blog minimal dua minggu sekali. Ternyata kehidupan gue di dunia nyata menyita banyak tenaga dan perhatian lantas itu membuat gue menomor-sepuluh-kan blogging dan sejenisnya (tapi gue masih sempet ngetweet yak??). Ya sudah, sebagai pelipur lara gue hari ini memutuskan untuk menulis lagi.

Selama 4 bulan ini gue mengalami beberapa kejadian yang cukup membuat gue merenung. Sebenarnya bukan hal yang besar sih cuma buat gue udah bisa banget menyita otak gue untuk berpikir. Gue akan menjabarkan beberapa hal itu :

  1. From being single to taken and back to single again. Pada bagian ini gue nggak bermaksud curhat tapi gue mau share apa yang uda terjadi sama gue. Singkat cerita awal tahun ini gue jadian sama temen kampus, gue berpikir akhirnya setelah setahun lebih gue menyandang predikat single ketje ada juga cowok yang terpana sama gue (oke gue lebay). Hubungan kami dijalani dengan kondisi LDR (and shit happen to me gaes) awalnya semua terasa indah, rasa kangen yang menggebu, hati yang bergejolak senang tiap telpon-telponan, atau senyum yang nggak bisa lepas tiap dengerin kiriman voice note dari dia melengkapi hari-hari gue. Disaat gue dan dia mulai menyadari bahwa perasaan ini makin besar ada satu kendala yang bukan tiba-tiba muncul tapi kendala itu emang udah ada dari awal kami memutuskan untuk jadian. Yap, perbedaan keyakinan adalah kendalanya. Gaes, gue dan dia layaknya abg yang lagi kasmaran yang nggak pernah pakai akal sehat pas mutusin sesuatu. Dan pada akhirnya hubungan kami berjalan dengan membosankan, nggak ada lagi perasaan menggebu tiap kangen sama dia, untuk saling telpon pun jarang. bahkan ketika chat di bbm ada momen dimana kami kehabisan topik obrolan. Suasana itu mulai nggak sehat, gue dan dia menyadari harus ada yang memulai membuka obrolan tentang kemana arah hubungan kami. Pada akhirnya, gue dan dia sepakat untuk mengakhiri hubungan yang baru berjalan 4 bulan. Kami nggak lagi egois untuk memaksakan keadaan, kami berdua menyadari kalo kedepannya akan makin sulit. Yang menyedihkan adalah bukan karena kami udah nggak saling sayang lagi, tapi karena perbedaan yang akan susah untuk disatukan. Tapi yang gue syukuri adalah hubungan gue sama dia tetep baik kami kembali lagi dikondisi sebagai teman. Jadi, gue belajar banyak dari hubungan tersingkat gue ini bahwa sebelum memutuskan sesuatu nggak bisa pake emosi, semua harus dipikir matang biar nggak ada hati yang harus tersakiti apalagi gue udah 24 tahun bukan hal yang tepat kalo gue masih main-main soal asmara. Gue juga mau bilang makasih sama dia mantan 4 bulan gue yang udah jadi teman sharing selama ini, yang uda mau gue cerewetin tiap hari. Kenangan-kenangan itu akan tersimpan rapi dihati gue. Buat kalian yang saat ini ngejalani kondisi yang sempat gue rasakan dan memutuskan untuk bertahan gue sangat salut sama perjuangan kalian. Percaya aja Tuhan pasti akan ngasih jawaban secepat yang kalian butuhkan asalkan mau tetap sabar menunggu. because love will find the way to back home.
  2. Cinta buta, cinta mati atau obsesi???. Gue adalah tipikal orang yang gampang jatuh cinta dan ketika gue udah cinta gue bakal tulus banget. Ngomong soal pengalaman asmara buat seorang gue ini bukan hal baru. Ya setidaknya gue pernah mengalami lebih dari 5 kali jatuh bangun dalam pacaran. Dari pengalaman itu gue belajar banyak dan gue berusaha sekuat tenaga untuk nggak lama-lama galau. Gue juga pernah mengalami siklus galau sampai nulis di status fb ato ngetweet yg isinya labil semua gue pernah berada di posisi itu dan hal itu benar-benar tindakan yang sia-sia karena nggak akan membuahkan hasil apa-apa selain persepsi orang ke diri gue yang menilai gue terlalu drama. Gue punya temen kantor yang usianya dua tahun lebih tua dari gue dan kami sangat akrab. Udah satu tahun terakhir ini dia galau ibarat penyakit udah komplikasi aja lah. Gue baru nemu orang yang segitu cintanya sama cowok yang jelas udah nggak sayang lagi sama dia. Apapun alasannya entah karena masih sayang, masih nggak bisa kehilangan, masih ngerasa dia jodoh yang udah dikirim Tuhan tapi kalo pada kenyataan harus PUTUS ya udah putus aja. Berapa lama sih maksimal waktu yang dibutuhkan seseorang untuk bisa move on? nggak jelas juga karena tiap orang punya kemampuan diri yang berbeda-beda. Tapi kita punya kendali sama diri kita sendiri jadi sesakit apapun namanya patah hati ya harus bisa bangkit berdiri menghadapi. Bukan soal ngomong kayak gini itu gampang, tapi hidup itu pilihan ada hal-hal yang emang harus diperjuangkan dan ada hal-hal yang rela diikhlaskan. Buat gue kegalauan temen gue ini udah para banget dan jadi bumerang buat dirinya sendiri, setahun ini gue ngerasa dia berubah banget jadi emosinya nggak terkontrol, dia juga lebih sering berprasangka buruk terhadap banyak hal. Se olah-olah sumber kebahagiaannya ya cuma dari cowok itu. Gue sebagai teman dan sangat peduli sama dia ngerasa sedih. Untuk ngebuka hati menerima kehadiran orang baru pun sulit semua cowok yang berusaha deketin dia pasti akan dibandingkan sama mantannya. Gue nggak ngerti lagi temen gue ini mengalami apa? cinta buta? cinta mati atau obsesi sebenarnya? Keadaan dia yang kayak gini cukup bikin orang mikir kalo dia lebay parah. Gue cuma pengen dia belajar menerima kenyataan, belajar menjalani rasa sakit karena itu proses yang harus dilalui. Sesulit apapun itu kalo dia yakin dia pasti bisa. Gue cuma pengen dia bisa lihat sekitarnya kalo masih banyak orang yang sayang sama dia. Emang ya kalo soal urusan hati logika pun nggak akan ada gunanya.
  3. Terjebak di Zona Nyaman. Bulan Juni nanti masa kerja gue tepat 2 tahun. Buat gue bukan waktu yang singkat 2 tahun itu, gue mengalami banyak hal yang menyenangkan dan gak sedikit juga yang menguras emosi segenap jiwa raga. Sebenarnya ditahun pertama gue udah mulai nggak nyaman terus kerja disini, tetapi gue punya beberapa pertimbangan saat itu yang akhirnya membuat gue bertahan lebih lama. Tapi sekarang ketika gue merasa uda hilang passion, udah berada di titik jenuh gue udah terlanjur terjebak di zona nyaman gue nggak bisa keluar gitu aja. Gue butuh pekerjaan baru yang jauh lebih baik dari sekarang dari segi apapun sebelum gue memutuskan untuk resign. Gue menyesal ketika ada kesempatan datang penawaran pekerjaan baru dulu gue nggak memanfaatkan kesempatan itu baik-baik. Sekarang tiap hari gue ngerasa tertekan,setengah hati tiap berangkat kerja. Gue pun jadi nggak maksimal tiap gue ngelakuin aktivitas gue ditempat kerja. Gue nggak excited lagi. Jadi, buat kalian yang saat ini berada di zona nyaman sebelum kalian menyesal kayak gue mending kalian segera ambil keputusan untuk keluar dari area yang menyenangkan tapi sebenarnya menipu ini.    

Kesimpulan dari tulisan gue kali ini adalah dalam hidup ada sebuah pilihan yang emang harus diambil oleh tiap-tiap orang dan apapun resiko yang menyertai harus dihadapi karena hal itu menjadikan kita jauh lebih dewasa dan bijak dalam menjalani hari-hari kita.


Oke, segini dulu deh postingan kali ini semoga nanti gue ada waktu luang lagi buat bercicit cuit disini. Tunggu ya postingan berikutnya karena gue pengeng banget nulis tentang klub bola kesayangan gue : Manchester United! wait me gaes..

Thanks for reading.

Debrina.

11 komentar:

  1. Diam pun pilihan. Emang bener, semua ada risikonya. Tapi ya itu lah hidup...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalo memilih diam.. Tapi diam gak selamanya jadi pilihan kalo berbicara bisa menyelesaikan masalah.. Thanks for comment :)

      Hapus
  2. Semua itu memang butuh proses dee.!! Cobaan rintangan buat kita lebih dewasa..!! Semoga Bisa Lebih baik kedepannya.. Eko Setiawan.!!

    BalasHapus
  3. mungkin bukan perbedaannya yg menjadi masalah tapi cintanya yang tak mampu menyelesaikan perbedaan" di antara kalian :)

    BalasHapus
  4. Sebenernya, perbedaan itu indah. Indah kalau kita bisa memaknai dan mengetahui kedepannya dengan adanya perbedaan. Btw, saya juga pernah ngalamin. Samarinda-Jakarta, LDR ditambah perbedaan keyakinan. 10 bulan, dan dia memberi saya banyak pelajaran. Pelajaran yang sangat indah. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya menghargai perbedaan tapi ada batas yang saya dan dia sepakat untuk tidak melampaui itu :)

      Hapus
  5. zona nyaman.. pantes, sekarang kalo mau putus bukan bilang terlalu baik, tapi terlelu nyaman.

    "kok putus?"
    "kamu terlalu nyaman buat aku, tapi om teguh nyuruh aku keluar dari zona nyaman"

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan sertakan komentarmu disini Dear. :)