Jumat, 04 Juli 2014

Hal-hal yang bikin sebel tiap naik angkutan umum

Hola!!

Welcome July, selalu semangat tiap ganti bulan nggak tau kenapa gitu. Ngomong-ngomong gue lagi pengen nulis yang santai-santai nih, berdasarkan apa yang gue rasain hampir tiap hari pas berangkat atau pulang kerja di dalam angkot. Bukan hal yang menyenangkan justru kejadian yang sering bikin gue dan penumpang lainnya jadi sebel sepanjang jalan. Mungkin udah banyak yang ngebahas betapa nggak nyamannya transportasi publik di negara kita ini, dan sekarang giliran gue yang mencurahkan segala kegundahan hati gue sebagai penumpang sejati.

1. Makin Penuh Makin Oke Makin nggak bisa napas
    Buat kalian pengguna angkutan umum pasti pernah ngerasaain berdesakan di dalam angkot, asli itu nyebelin banget kan? Dengan kapasitas penumpang sekitar 10-12 orang masih sering dipaksakan untuk tetap mengangkut penumpang lain. Alhasil, yang terjadi di dalam angkot pastilah umpel-umpelan antar penumpang. Ditambah lagi dengan penuhnya manusia di dalam angkot akan membuat jatah oksigen berkurang, gue sering ngerasa susah napas tiap kejebak di dalam angkot yang berlebihan penumpangnya. Apalagi kalo gue dapat jatah duduk di kursi paling belakang dan sialnya jendela susah buat dibuka. Itu beneran mimpi buruk.

source. what do you think?




2. Telepon-teleponan
     Jadi gini gue suka sebel sama penumpang yang teleponan di dalam angkot dengan suara yang ekstra kenceng banget dan hampir sepanjang jalan tanpa henti gitu teleponannya. Biasanya sih yang kelakuannya gini itu ibu-ibu. Pernah ya pagi disaat angkot penuh sesak dan jalanan macet, ada satu ibu yang dengan asiknya teleponan dengan suara berisiknya sepanjang jalan, semua orang dalam angkot itu memusatkan perhatian ke ibu itu termasuk gue. Kami semua yang ada di dalam angkot jadi bisa memahami pokok bahasan yang lagi dibicarain si ibu dengan seseorang diseberang sana.Yang ternyata mereka berdua lagi ngegosipin salah seorang temennya yang dapat harta warisan. Gue nggak nguping, ini jelas ibunya yang dengan sengaja ngomong kenceng banget. Itu ganggu banget men! Sebagian penumpang cuma bisa geleng-geleng kepala dengerin si ibu ini ngegosip.

3. Ngebut horor
   Ini poin yang paling bikin gue sering banget mendadak religius di dalam angkot. Gimana mau nggak ngucapin banyak doa kalo angkot yang gue tumpangi ngebutnya nggak kira-kira. Emang sih, nggak pengen telat pas ngantor tapi kalo supirnya nyetir sembarangan sapa sih yang mau mati muda? Itu namanya menantang maut. Banyak penumpang yang sering ngingetin pak supirnya buat ngurangi kecepatan tapi dicuekin gitu aja. Yah, kalo udah kayak gini yang dilakuin cuma bisa komat-kamit berdoa.

 
source
4.Dioper dari angkot satu ke angkot lainnya
   Ini bagian yang lumayan sering gue rasain juga pas ngangkot. Disaat badan udah letih abis kerja dan pengen cepet-cepet sampe rumah ternyata hal itu juga dirasain sama supir angkotnya yang dengan santainya nyuruh gue dan penumpang lain yang tersisa untuk pindah ke angkot lain karena eh karena ini pak supir mau pulang duluan. Apaan coba? gue diturunin dipinggir jalan macem adegan di ftv, cuma bedanya gue nggak turun dari BMW tapi dari my lovely deeply angkot. Asem banget rasanya, seasem liat wajah pak supirnya.

Nah,itu sebagian pengalaman nggak enak yang gue rasain tiap naik angkot. Mau kayak gimana juga gue tetep butuh moda transportasi ini. Yang gue harapkan sih pemerintah dan pengelola jasa angkutan umum lebih memperhatikan lagi kenyamanan penumpang. Selain itu mendisplinkan para supir untuk mematuhi trayek atau rute tiap angkot biar nggak saling berebutan penumpang. 

Angkot nyaman, supir ramah, penumpang pun senang..

 -Debrina-

11 komentar:

  1. Haha dari semua poin yang Kakak sebutin, pernah ngalamin semua. Tambah satu lagi Kak banyak ngetem haha.

    BalasHapus
  2. Yang paling nyebelin tuh ibu-ibu yang ngegosip pake suara toa, ampun deh, kuping disumbat pake headset dan volumenya di gedein juga suaranya tetep kedengeran. itu errrrr banget kak :|

    BalasHapus
  3. Hai Deb~ setelah sekian lama cuman stalking blogmu aja, akhirnya aku komen juga hahaha
    (benernya td komen lewat hp, tp gak muncul... udah capek ngetik padahal)

    Ada satu poin ketinggalan Deb.. Penumpang BAU KETEEEEKK~
    Kalo ada penumpang macem ini, bawaannya mau muntah kalo gak malingin muka ke jendela...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai hai Mela seneng deh ada temen yang baca blog ku juga.. makasih udah main ke sini
      iya bau badan itu nggak bisa di tolerir ya,aku paham banget gimana menderitanya naik angkot dan ada penumpang yg bau badan

      Hapus
  4. Naik angkot kalau di bdg kadang duduk sama emak-emak kayak zombie, kadang duduk sama cewek cakep, kadang juga banci. Kimbek_

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman yang nggak bakal terlupakan kalo duduk sebelahan sama banci yaa

      Hapus
  5. Sama juga di daerah gue, mungkin semua angkutan umum di negeri ini kayak gitu ya ?

    BalasHapus
  6. Sepupuku pernah kecopetan di angkot :( Semoga kamu dan yang lainnya gak mengalami hal-hal jelek lagi di angkutan umum, ya. Yang seru-seru aja, hehehe :D

    BalasHapus
  7. haha dari semua point-point yang di sebutin aku pernah ngalaminnya juga,,di tambah ngetem di tambah lagi kalau ada penumpang yang bau ketek,wuihh makin gak nyaman tuh di angkot :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan sertakan komentarmu disini Dear. :)